My photo
Hye peeps !!panggil aku zati je.Aku seorang budak yang berumur 20 tahun. Masih budak- budak lagi. Aku seorang budak Dip. In Banking Uitm yang bakal nak masuk sem 6 tak lama lagi.

TAUGEH??

TAUGE itu lambang kesuburan. Lelaki yang makan tauge akan membuat spermanya "berisi", sedangkan perempuan yang mengonsumsi tauge akan membuat rahimnya semakin subur. Ini semua hanya menjadi cerita dan bahagian mitos. Tapi, penelitian menunjukkan khasiat yang lebih hebat dari itu!

Sayuran tauge, jenis apa pun, baik tauge kacang hijau, tauge kedelai, tauge alfalfa, maupun jenis tauge lainnya, mengandung banyak sekali senyawa fitokimiawi berkhasiat. Salah satunya kanavanin (canavanine), jenis asam amino bahan penyusun arginin yang paling banyak tersimpan dalam tauge alfafa. Kanavin, menurut sejumlah penelitian, mampu melumpuhkan bibit kanker leukimia, usus besar dan pankreas.


Estrogen alami yang terdapat dalam tauge berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tapi yang ini tanpa efek sampingan. Estrogen dalam tauge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah rapuh tulang (osteoporosis). Rajin makan tauge membantu wanita terhindar dari kanser payudara, gangguan menjelang menstruasi (premenstrual syndrome, PMS), keluhan semburat panas (hot flashes), pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

Ketika biji-bijian dan kacang-kacangan dikecambahkan, secara umum kadar saponinnya menanjak 450 %. Saponin paling banyak ditemukan dalam tauge alfalfa. Para penyandang risiko stroke dan serangan jantung, gara-gara kadar lemak darah melambung, dianjurkan lebih banyak menyantap tauge. Saponin dalan tauge, akan menggelontor 'lemak jahat' LDL, tanpa mengganggu kandungan 'lemak baik' HDL.

Setelah melalui sejumlah cubaan dengan binatang, saponin tauge diketahui dapat membangkitkan sistem kekebalan tubuh, dengan cara menggenjut aktiviti sel pembuluh alami, (natural killer cells), khususnya sel T-limfosit dan interferon. Selain sarat DNA, tauge padat zat antioksidan kuat yang membentangi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA. Perlindungan ganda inilah yang menguatkan kesimpulan tauge merupakan sayuran yang membuat kita 'lahir kembali', menjadi lebih muda.

tauge kedelai, menurut James Dukes, Ph.D., peneliti dan ahli botani dari Departemen Pertanian AS, kaya senyawa antikanker lainnya, kerja genistein lebih efektif ketika benih kanker sudah mulai bersemi. Karena pada saat itulah genistein akan bekerja giat mengacaukan posokan makanan bagi sel-sel kanser, sehingga mereka akhirnya mati.

Namun Duke mengingatkan, hendaklah pesakit wanita pengidap kanser payudara yang tengah menjalani terapi pengubatan dengan tamoxifen membatasi konsumsi tauge, apalagi yang tamoxifen. Artinya, tauge hanya perlu dibatasi jika kita menderita jenis tumor atau kanser yang berkaitan dengan estrogen.

Anda selalu kembung setiap kali makan kacang-kacangan? Itu pertanda Anda sensitif terhadap oligosakarida, satu jenis karbohidrat kompleks yang ada dalam kacang-kacangan. Guna mendapatkan gizi kacang-kacangan tanpa kembung, tauge boleh jadi jalan keluar. Pengecambahan telah menguraikan 90 % rantai oligisakarida menjadi karbohidrat sederhana, sehingga senyawa tersebut mudah diserap tubuh, tanpa menghasilkan gas.

Karena mengandung banyak serat dan air, tauge membantu pengurasan kotoran dalam usus besar. Hal ini menjadi kekuatan ganda tauge dalam memerangi kanser. Dengan mendorong kotoran segera meninggalkan usus besar, tak ada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang dapat diserap tubuh dan ini mencegah  zat racun, yang dapat merangsang berseminya benih kanser.

Banyakkan khasiat taugeh??  Aku taw ramai yang kat luar tu tak suke makan taugeh kan??  Skang da taw ape rahsia taugeh kn??  Ape lagi g la bli masak then makan.  Hehe

5 comments:

Mr Rulez said...

dlu xsuka sgt2..tgk taugeh lari..hehe
tp klu ader kbaikan kena telan gak lar..hoho

Azfarul Naim said...

Taugeh mmg best kalau jadik rencah Mee goreng,kuey tiow(x tau eje) dan berbagai lagi mee... huhu
Bila dah tau banyak khasiat kene lebihkan lol

Izz said...

Mr Rulez,Azfarul Naim:
telan jew.
Hehe

Ery Farieha said...

haiyak
x ske tauge
huhuhuh

Izz said...

ery Farieha:tauge sdp ape.